Perbedaan Honda PCX ABS dan CBS

Diposting pada

Honda PCX hadir di Indonesia dengan 2 (dua) varian berbeda, yakni Honda PCX ABS dan CBS. Keduanya memiliki kesamaan dan perbedaan yang cukup menarik. Untuk mengetahui perbedaan Honda PCX ABS dan CBS, mari simak dengan seksama.

Honda PCX merupakan motor premium pabrikan PT Astra Honda Motor yang mulai diproduksi pada tahun 2016, dan dijual di Indonesia pada tahun 2017. Honda PCX ini banyak diminati masyarakat Indonesia lantaran desain yang sporty dan trendy, serta kesan elegan yang dimunculkan pada interior body cover dan lampu depan berjenis LED (Liquid Emission Display). Motor ini memiliki sistem pengapian TCI (Transistor Controlled Ignition System), dilengkapi dengan mesin bertenaga 150 cc. Mesin tersebut akan menghasilkan pompa tenaga hingga 14,7 PS pada 8.500 rpm serta torsi maksimum 13,2 Nm pada tingkat 6.500 rpm.

Honda PCX dilengkapi dengan teknologi eSP (Enhanced Smart Power) dimana teknologi ini meminimalisir gesekan dan sistem pendinginan mesin yang cukup baik, sehingga menjadikan performa akselerasi mesin lebih optimal. Motor ini juga dilengkapi dengan lampu hazard, sesuai dengan penunjang tingkat keamanan dan keselamatan berkendara. Seperti yang kita ketahui, Honda PCX memiliki 2 (dua) varian produksinya, yaitu Honda PCX ABS dan CBS. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan yang terletak pada bagian-bagian tertentu. Berikut adalah ulasan lengkap tentang perbedaan Honda PCX ABS dan Non-ABS.

Perbedaan Honda PCX ABS dan CBS

  1. Perbedaan berat

perbedaan berat honda pcx abs dan cbs

Honda PCX memiliki perbedaan berat pada kedua variannya. Yang pertama, Honda PCX ABS, dimana motor ini berbobot 132 kg. Dibandingkan dengan Honda PCX CBS yang memiliki berat 131 kg, keduanya memiliki selisih berat 1 kg.

  1. Sistem pengereman

Sistem pengereman honda pcx abs

Sesuai dengan nama varian kedua jenis motor, Honda PCX ABS memiliki sistem pengereman yang berbeda dengan Honda PCX CBS. Baik ABS maupun CBS, merupakan penanda perbedaan yang cukup signifikan. ABS memiliki arti Anti-Lock Braking System, yaitu sistem pengereman untuk menghentikan terjadinya penguncian roda saat rem ditarik secara mendadak atau terlalu keras. Sistem ini memungkinkan proses pengereman terjadi perlahan dan terasa lembut, tanpa langsung menghentakkan cengkraman pada roda depan maupun belakang. Sedangkan CBS atau yang disebut sebagai Combi Brake System, adalah sistem yang bekerja dengan mendistribusikan tenaga kedua komponen pengereman yaitu roda belakang dan tuas ungkit. Alhasil, knocker pada rem akan tertekan dan menekan piston hidrolik yang reaksinya akan mengaktifkan rem cakram depan. Umumnya, CBS Hidrolis dengan 3 (tiga) piston caliper akan membagi kekuatan pengereman secara otomatis pada kedua roda selama proses pengereman.

  1. Harga

Harga honda pcx abs

Dengan kapasitas mesin (cc) yang cukup tinggi, pabrikan Honda memberikan harga yang relevan pada kedua varian Honda PCX. Adapun harga terbaru untuk mendapatkan motor ini yaitu, Honda PCX ABS yang dibanderol sekitar Rp33.500.000 (OTR), sedangkan Honda PCX CBS yang memiliki harga relatif murah, Rp30.700.000 (OTR).

  1. Body stripping dan bahan stainless steel

Body stripping dan bahan stainless steel honda pcx abs

Pada varian Honda PCX ABS, anda akan menemukan desain sisi (stripping) body yang lebih mewah dibandingkan varian CBS. Perbedaan Honda PCX ABS dan CBS juga terpampang pada sticker silver bertuliskan ABS, yang tentunya dikhususkan untuk produk bertipe PCX ABS. Selain itu, bagian pijakan kaki pada Honda PCX ABS terbuat dari bahan anti karat atau stainless steel serta membentuk tulisan PCX. Hal ini seakan menambah kesan elegan pada varian PCX ABS.

Perbedaan Honda PCX ABS dan CBS tetap disertai dengan keunggulan tertentu pada setiap variannya. Sama seperti halnya pada PCX ABS yang dilengkapi dengan sistem pengereman yang canggih namun memiliki harga yang lebih tinggi. Hal tersebut juga berlaku untuk varian honda PCX CBS yang memiliki sistem pengereman sederhana namun harga yang dipasarkan relatif lebih rendah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *