Denda Telat Bayar Pajak Motor

Diposting pada

Pernahkah anda ditilang saat razia kepolisian hanya karena sepeda motor anda belum melunasi wajib pajak? Pastikan anda menghindari keterlambatan pembayaran wajib pajak, apabila anda tidak ingin dikenai sanksi berupa denda telat bayar pajak motor.

Pajak merupakan kewajiban pengguna kendaraan bermotor yang bertujuan untuk menambah pendapatan alokasi dana daerah tertentu. Pada dasarnya, setiap kendaraan bermotor khusunya roda dua memiliki besaran wajib pajak yang berbeda-beda. Hal tersebut telah diatur dalam UU Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Oleh karena itu, pajak kendaraan bermotor (PKB) wajib dibayarkan setiap tahunnya berdasarkan dengan batas-batas waktu yang telah ditentukan. Apabila anda sampai telat untuk membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) pada hari jatuh tempo, anda harus membayar besaran jumlah pajak dan denda keterlambatan. Adapun denda tersebut merupakan akumulasi perhitungan dari biaya pelanggaran tarif pajak motor. Dalam hal ini, anda harus segera mendatangi kantor SAMSAT terdekat untuk melunasi tunggakan wajib pajak. Karena jika anda taat dalam membayarkan wajib pajak, pastinya anda hanya akan dikenai biaya pajak kendaraan bermotor yang tertera di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Lalu, berapakah biaya denda telat bayar pajak motor itu?

Denda Telat Bayar Pajak Motor

  1. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

Denda telat bayar pajak motor

Penghitungan PKB telah ditentukan sesuai yang tertera pada STNK setiap kendaraan bermotor sebagai acuan atas dasar jumlah pembayaran wajib pajak. PKB itu sendiri merupakan pajak yang dikenakan kepada pemilik kendaraan bermotor, dimana besaran pajak umumnya dilandasi oleh 2 (dua) faktor. Yang pertama yaitu nilai atau harga beli kendaraan bermotor yang bersangkutan. Faktor kedua akan dilihat dari bobot serta ukuran kendaraan bermotor yang berpotensi menyebarkan pencemaran udara berlebih, maupun potensi perusakan jalan. Contohnya, perbedaan berat pada motor sport, bebek maupun matik. PKB dari setiap kendaraan bermotor juga akan diakumulasikan dengan besaran penghitungan denda apabila pembayaran wajib pajak sudah melebihi tanggal jatuh tempo.

  1. Rentang waktu keterlambatan

Denda telat bayar pajak motor

Setiap keterlambatan lamanya pembayaran pajak kendaraan bermotor akan diakumulasikan dengan denda tersebut. Mengacu pada peraturan wajib pajak terbaru, penghitungan rentang waktu keterlambatan pembayaran 1 (satu) atau 2 (dua) hari hingga keterlambatan selama 1 (satu) bulan. Dan akan terus dihitung hingga maksimal 2 (dua) tahun masa regristasi nomor kendaraan akan dihapus dari daftar kepolisian.

  1. Adanya biaya Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ)

Denda telat bayar pajak motor

Menurut Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 36/PMK.010/2008 tanggal 26 Februari 2008, tarif SWDKLLJ untuk pajak kendaraan bermotor roda dua untuk golongan C1 (Kapasitas mesin diatas 50 cc hingga 250 cc) pada umumnya adalah Rp32.000. Besaran tarif tersebut tergantung dari kapasitas mesin kendaraan yang dimiliki oleh setiap pengendara. Fungsi pembayaran SWDKLLJ yaitu asuransi yang dikelola pihak BUMN (PT Jasa Raharja) dengan tarif tertentu apabila pengemudi kendaraan sewaktu-waktu mengalami kecelakaan lalu lintas.

  1. Biaya denda

Denda telat bayar pajak motor

Denda telat bayar pajak motor adalah 25% dari PKB tetap, dan diakumulasi dengan rentang waktu keterlambatan, sekaligus penambahan denda SWDKLLJ itu sendiri. Sebagai contoh, apabila anda mengalami telat bayar pajak selama kurun waktu 2 bulan, maka cara menghitungnya:

Cara menghitung denda pajak motor

Memiliki kendaraan bermotor secara tidak langsung mengharuskan setiap pemilik untuk taat membayarkan pajak kendaraan bermotor (PKB) secara berkala. Jangan sampai lupa untuk membayar pajak kendaraan bermotor, agar nantinya anda tidak akan dikenai denda telat bayar pajak motor oleh pihak kepolisian setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *